Pilih Laman

Punya penghasilan–baik besar atau kecil–sebenarnya enggak masalah. Semua bisa diatur. Kuncinya adalah pada pengelolaan keuangan yang baik, ketika kita punya catatan keuangan yang meliputi budgeting dan bisa mencatat pengeluaran harian.

Anda bergaji besar, ya tetap saja bisa merasa miskin sepanjang tahun jika masih saja tidak bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Apalagi jika Anda bergaji pas-pasan, alias UMR. Tanpa pengelolaan keuangan yang kuat, Anda tidak akan bisa mendapatkan hidup yang lebih baik ke depannya.

Memangnya dengan membuat buku catatan keuangan, termasuk catatan pemasukan dan pengeluaran harian, semua masalah bisa jadi terselesaikan? Well, merely, iya. Bisa.

Kalau enggak percaya, yuk, simak beberapa alasan mengapa catatan pengeluaran harian ini penting untuk kita buat.

Ini Dia Alasan Mengapa Catatan Pengeluaran Harian Penting untuk Dibuat Secara Teratur

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Mencatat Pengeluaran Harian

1. Membantu Anda memahami pola dan detail pengeluaran sendiri

Dengan membuat catatan pemasukan dan pengeluaran harian, secara tak langsung Anda bisa mengetahui dengan pasti berapa saja uang yang Anda perlukan untuk membiayai kebutuhan Anda sehari-hari. Mulai dari belanja kebutuhan pokok, membayar kewajiban-kewajiban, termasuk tahu apa saja “dosa” keuangan yang sudah kita buat.

Dengan demikian, Anda pun dapat mengetahui pola pengeluaran bulanan hingga tahunan, sehingga Anda dapat membuat budgeting dengan mendetail.

2. Bisa Anda gunakan untuk menentukan prioritas

Dalam hidup, adalah biasa bagi kita untuk memiliki banyak kebutuhan dan keinginan. Sayangnya, sumber dayanya tidak sebanyak itu juga, sehingga kita perlu untuk menentukan skala prioritas, kebutuhan mana dulu yang harus dipenuhi.

Dengan adanya catatan pengeluaran harian, Anda bisa memetakan kebutuhan hidup mana saja yang harus didahulukan sebelum yang lainnya. Ada kebutuhan yang tidak bisa tidak dipenuhi, ada kebutuhan (atau keinginan?) yang bisa ditunda, atau malah dieliminasi dari anggaran karena tidak terlalu penting.

3. Membantu Anda merumuskan tujuan keuangan

Dengan mengetahui seriil-riilnya kondisi keuangan kita, yang digambarkan oleh catatan pengeluaran harian dan pemasukannya (kalau minus, berarti kurang sehat; kalau plus, berarti kita bisa memanfaatkannya), kita pun dapat merumuskan tujuan keuangan kita ke depannya.

Dengan adanya catatan keuangan yang detail, Anda dapat mulai membuat rencana untuk mewujudkan tujuan keuangan jangka panjang Anda. Seperti misalnya, membeli rumah pertama, merencanakan dana pendidikan anak, hingga mulai membangun dana pensiun Anda.

Dengan adanya tujuan keuangan dan juga rencananya, maka sehari-harinya Anda akan lebih bijak dalam penggunaan uang. Karena punya cita-cita, Anda pun dapat mengerem keinginan impulsif untuk belanja hal-hal yang kurang penting.

4. Membantu Anda memiliki pola keuangan yang lebih stabil

Saat pengeluaran dan pemasukan Anda sudah stabil, yang bisa Anda cermati dari catatan pengeluaran harian yang Anda buat, maka selanjutnya Anda akan dapat mengikuti rencana keuangan yang telah Anda susun sendiri dengan sukses.

Perencanaan keuangan yang sudah Anda susun sendiri ini akan menjadi acuan Anda untuk mewujudkan cita-cita Anda di masa depan. Separuh jalan menuju tercapainya tujuan finansial sudah tercapai.

5. Membantu Anda untuk dapat hidup sesuai dengan kemampuan

Catatan pengeluaran harian berfungsi sebagai reminder Anda dalam mengelola uang sehari-hari.

Anda akan mengingat, barang apa saja yang benar-benar Anda butuhkan dan tahu ketika ada yang bocor. Dengan adanya catatan ini, Anda bisa mencari solusi atas bocor-bocor keuangan yang enggak perlu, dan dengan demikian Anda pun bisa memanfaatkan uang dengan lebih efektif lagi.

Anda bisa tahu dengan pasti, kemampuan finansial Anda sampai di mana, dan Anda akan dapat memiliki pengendalian diri yang baik.

Nah, Anda lihat sendiri. Hal-hal di atas ini saling berkaitan satu sama lain hingga menuju suksesnya tujuan finansial Anda ke depannya. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, ke depannya Anda pun bisa meminimalkan munculnya risiko dan masalah keuangan yang tak perlu.

Iya, hanya dengan membuat catatan pengeluaran harian saja, Anda sudah dapat menentukan masa depan Anda sendiri loh!

Jadi, masih ragu untuk membuat catatan pengeluaran harian?