Pilih Laman

Semakin lama manusia hidup, maka semakin banyak pula kebutuhan, keinginan, dan cita-citanya. Dan semua itu butuh biaya untuk mewujudkannya. Menabung saja, tidak cukup. Karenanya, kita harus mulai investasi di usia muda.

Mengapa harus begitu? Nah, ini yang akan kita bahas sekarang dalam artikel ini.

Apa Itu Investasi?

Iya, Anda harus paham dulu mengenai apa itu investasi, sebelum melangkah lebih jauh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi berarti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Ya kalau mau dijelaskan lebih rinci lagi, investasi adalah upaya kita untuk mengembangkan dana dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan tertentu pada instrumen atau media tertentu yang kemudian dapat menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai dari dana awal kita.

Anda dapat berinvestasi pada aset riil (properti seperti rumah, tanah, atau apartemen; emas, dan lain-lain) dan pada aset finansial, yaitu surat berharga, deposito, dan sebagainya, yang produknya tak kasatmata tetapi mampu menghasilkan uang.

Mengapa Kita Harus Mulai Investasi di Usia Muda?

Mengapa Harus Mulai Investasi di Usia Muda?

Nah, ini dia. Mari kita lihat satu per satu.

1. Beban setiap bulan menjadi lebih ringan

Katakanlah, Anda mulai investasi di usia 20 tahun, untuk dana pensiun 30 tahun lagi yang memerlukan uang sebesar Rp3 miliar. Dengan hitungan matematika sederhana, abaikan saja inflasi dan faktor lainnya, Anda akan butuh untuk menabung Rp8 juta sekian setiap bulan.

Lalu misalnya, usia Anda 40 tahun dan harus punya dana pensiun 20 tahun lagi, dengan nominal yang sama, maka Anda butuh dana untuk ditabung sebesar Rp12,5 juta setiap bulannya.

Selisih Rp4,5 juta per bulan yang lumayan, bukan?

Hal ini karena ada faktor waktu yang menentukan. Ini baru hitungan tabungan, kalau dengan hitungan investasi, dengan menabung Rp2 juta per bulan, dalam 30 tahun uang Rp3 miliar akan dapat tercapai.

Waktu adalah keuntungan terbesar untuk merencanakan mimpi dan cita-cita di masa depan. Semakin panjang waktunya, semakin besar peluang suksesnya kita meraih impian.

2. Menunjukkan kedewasaan hidup

Sudah biasa kita menganggap, bahwa orang muda akan cenderung lebih suka hura-hura, hanya hidup di masa kini, mengejar hal-hal konsumtif demi gengsi, dan sederet hal lain yang intinya hanya senang-senang belaka.

Ya, memang enggak ada salahnya sih. Lagi pula, hidup ya mesti ada senangnya, supaya mood hati terjaga baik, pikiran juga bisa selalu fresh. Betul?

Namun, dengan mulai investasi sejak muda, ini mencerminkan kepribadian yang sudah matang dan menggambarkan pribadi yang sudah tahu apa keinginannya dalam hidup. Mereka yang sudah mulai investasi di usia muda bisa dibayangkan adalah pribadi yang berorientasi pada masa depan, sehingga mereka mau untuk berjuang sekarang demi mewujudkan mimpinya itu.

7 Langkah Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji 3 Juta

3. Mendisiplinkan diri sendiri

Ya, sekali lagi, usia muda itu identik dengan senang-senang. Umumnya mereka yang masih berusia muda pasti lebih suka memanfaatkan waktu, tenaga, dan uang hasil mereka bekerja untuk menyenangkan diri sendiri dulu. Karena, ya kapan lagi? Kan katanya, you only live once!

Namun, mereka yang mulai investasi di usia muda–selain bersenang-senang–sekaligus dapat membentuk diri sendiri yang disiplin juga. Uang Anda tak hanya dipakai untuk menyenangkan diri sendiri, tetapi juga untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita. Uang yang Anda investasikan akan dipanen di kemudian hari.

Disiplin menjadi hal yang biasa bagi Anda, karena Anda telah berhasil menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi. Jika ini menjadi hal yang berkelanjutan, maka seiring itu tumbuhlah self discipline Anda yang akan berguna di segala hal yang Anda usahakan.

4. Masa depan Anda, Anda sendiri yang mengatur

Salah satu alasan mengapa kita harus berinvestasi adalah demi merencanakan masa depan kita sendiri. Apalagi jika kita mulai investasi di usia muda, hasil investasinya akan lebih menguntungkan ketimbang kita memulainya nanti-nanti. Coba lihat lagi pada ilustrasi poin pertama.

Di zaman seperti ini, kita tidak pernah tahu seberapa besar kebutuhan yang kita perlukan di masa mendatang. Yang pasti, dunia semakin tua, dan hidup pun akan semakin keras. Dengan merencanakan masa depan sendiri, kita telah memberi kepastian pada diri sendiri juga, akan hidup seperti apa di masa depan.

Siapa sih yang mau hidup begini-begini saja?

Apalagi jika nanti kita sudah tak produktif lagi. Siapa yang akan menanggung kebutuhan hidup kita kalau bukan kita sendiri. Betul?

Dengan mulai investasi di usia muda, kita telah mengatur nasib kita sendiri. Enggak mau hidup susah di usia pensiun? Maka, mulai investasi deh sejak sekarang.

Apakah investasi saham kedengaran familiar

5. Mencapai kebebasan finansial

Berinvestasi merupakan salah satu jalan untuk mencapai kebebasan finansial, yaitu saat-saat ketika Anda tak perlu bekerja keras untuk mendapatkan imbalan berupa uang, Anda bisa berbelanja sesuai kebutuhan tanpa khawatir soal keuangan, dan Anda bebas menikmati hidup.

Rata-rata mereka yang bisa mandiri di usia pensiun, bebas utang, dan bisa menikmati hidup adalah mereka yang sudah mulai investasi sejak muda. Mereka bahkan bisa memilih gaya hidup seperti apa yang ingin mereka lakukan, dan membiayainya dengan hasil investasi jangka panjang mereka.

Nah, sampai di sini, masihkah Anda ragu mulai investasi di usia muda? Semoga tidak lagi ya.

Yuk, segera merumuskan tujuan hidup Anda, dan kemudian mempelajari berbagai instrumen investasi yang ada, agar kemudian Anda bisa menyesuaikannya dengan mimpi dan cita-cita Anda.